Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1000
Title: Penerapan Model Quantum Learning dalam Mencapai Hasil Belajar Ilmu Tajwid di MTs. Al-Futuhiyyah Cibodas Tangerang
Authors: Merry Devi Lemyana, 15311619
Advisor: Reksiana
Issue Date: 20-Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses belajar ilmu tajwid menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan mengetahui kecakapan siswa setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dalam belajar ilmu tajwid di MTs. Al-Futuhiyyah Cibodas Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tempat penelitian di MTs. Al-Futuhiyyah Cibodas Tangerang. Sumber data utama adalah Kepala MTs. Al-Futuhiyyah, dua orang guru mata pelajaran ilmu tajwid, dan empat orang peserta didik. Adapun sumber data sekunder adalah buku, jurnal, dan skripsi. Kemudian dokumentasi berupa nilai rapor, foto, dan audio. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi non partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisi data secara induktif model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Learning yang diterapkan dalam pembelajaran ilmu tajwid bagi peserta didik MTs. Al- Futuhiyyah Cibodas Tangerang memiliki pencapaian hasil belajar yang baik. Terbukti dari kemampuan atau kecakapan peserta didik sejak diterapkannya model Quantum Learning setiap tahunnya meningkat. Tidak hanya pencapaian nilai belajar saja, pencapaian hasil belajar ini sudah memenuhi cakupan tiga ranah jenis belajar yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1000
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311619.pdf
  Restricted Access
2.65 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.