Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1010
Title: Efektivitas Penerapan Reinforcement dalam Pencegahan Perilaku Negatif Siswa pada Pembelajaran PAI (Studi kasus kelas VI SDS Dua Mei Ciputat, Tangerang Selatan)
Authors: Unda Jiwaningsih, 15311636
Advisor: Alfun Khusnia
Issue Date: 16-Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah karena adanya perilaku negatif pada siswa pada saat proses kegiatan belajar mengajar seperti, berperilaku acuh tak acuh terhadap pelajaran, bermain-main, mengangu teman, tidak percaya diri saat ditunjuk guru untuk tampil di depan, mengobrol dengan teman, bernyanyi ketika proses pembelajaran, serta tidak mengerjakan tugas dengan baik ketika proses pembelajaran berlangsung, terutama pada kelas VI mata pelajaran PAI. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan reinforcement dalam pencegahan perilaku negatif siswa pada pembelajara PAI di kelas VI SDS Dua Mei Ciputat, Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI dengan penerapan reinforcement telah terlaksana dengan baik, dan ditunjukkan dengan adanya pengurangan perilaku negatif siswa. Hal ini menujukkan bahwa reinforcement efektif diterapkan pada proses pembelajaran dalam mencegah perilaku negatif siswa.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1010
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311636.pdf
  Restricted Access
5.69 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.