Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1035
Title: Komparasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Antar Kelas Reguler dan Kelas Bilingual (Studi Kasus Kelas VIII Reguler dan Kelas Bilingual di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan)
Authors: Haliimatussa’diyyah, 16311647
Advisor: Nadjematul Faizah
Issue Date: 2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang masalah yaitu SMP Negeri 3 tangerang selatan memiliki sistem pembelajaran reguler dan bilingual.penulis tertarik untuk mengetahui pembelajaran pendidikan agama Islam dan hasil belajar dibandingkan dengan kelas reguler. Metode digunakan adalah kualitatif dengan objek penelitian 6 orang terdiri atas 2 orang guru pendidikan agama Islam (PAI), 2 orang perwakilan kelas reguler VIII.4 dan 2 orang perwakilan kelas VIII biligual. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung di kelas VIII reguler dan kelas bilingual, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Perwakilan Siswa kelas reguler VIII.4 dan kelas VIII bilingual. Penulis melakukan pengamatan langsung pembelajaran kelas VIII reguler dan kelas VIII bilingual, serta melakukan wawancara dengan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Perwakilan Siswa kelas reguler VIII.4 dan kelas VIII bilingual, Serta mengambil data dokumen. Rumusan Masalah adalah (1) Bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas reguler? (2) Bagaimana guru pendidikan agama Islam (PAI) kelas reguler? (3) Berapa hasil belajar kelas reguler? (4) Bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas bilingual? (5) Bagaimana guru pendidikan agama Islam (PAI) kelas bilingual? (5) Berapa hasil belajar kelas bilingual? Tujuan Penelitian adalah (1)Untuk mengetahui pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas reguler, (2).Untuk mengetahui guru pendidikan agama Islam (PAI) kelas reguler, (3).Untuk mengetahui hasil belajar kelas reguler, (4) Untuk mengetahui hasil pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas bilingual, (5) Untuk mengetahui guru pendidikan agama Islam (PAI) kelas bilingual, (6) Untuk mengetahui hasil kelas bilingualHasil penelitian menyimpulkan bahwa komparasi persamaan antar kelas VIII.4 reguler dan kelas VIII bilingual adalah (1) Pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) sama-sama memakai bahasa Indonesia, (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang diberikan guru pendidikan Agama Islam kelas VIII reguler dan kelas VIII bilingualdi SMP Negeri 3 Tangerang Selatan sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016, (3) Standar penilaian kelas VIII reguler dan kelas VIII bilingual di SMP Negeri 3 Tangerang Islam telah memenuhi standar penilaian seperti yang dicantumkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Bab VI Pasal 13 tentang Prosedur Penilaian Pasal 13, (4) Materi yang diberikan guru pendidikan agama Islam (PAI) Kelas VIII.4 reguler dan kelas VIII bilingual di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan sudah sesuai dengan Peraturan Materi Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, (5) Guru pendidikan agama Islam kelas VIII.4 reguler dan VIII bilingual tidak sesuai dengan Standar Kualifikasi Akademik pada guru SMP/MTS. (6) Standar penilaian kelas VIII.4 reguler dan kelas VIII bilingual di SMP Negeri 3 Tangerang Islam telah memenuhi standar penilaian seperti yang dicantumkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Bab VI Pasal 13 tentang Prosedur Penilaian Pasal 13.Sedangkan komparasi perbedaan antar kelas VIII.4 reguler dan kelas VIII bilingual adalah: (1) Fasilitas dikelas reguler tidak selengkap kelas bilingual (2) Kelas reguler tidak dikenakan bayaran sedangkan kelas bilingual dikenakan bayara (3) Hasil belajar pelajaran agama Islam kelas bilingual lebih unggul dengan rata-rata 91.96 dari kelas reguler dengan rata-rata 88.24.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1035
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311647.pdf
  Restricted Access
2.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.