Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1045
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAhmad Dimyati Badruzzaman-
dc.contributor.advisorSyahidah Rena-
dc.contributor.authorNurhakimah, 217430209-
dc.date.accessioned2020-08-25T05:05:14Z-
dc.date.available2020-08-25T05:05:14Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1045-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai agama dan moral yang masih rendah, kurangnya kemampuan anak dalam berkata-kata baik dan berperilaku sopan pada anak usia dini dan pendidikan tidak sesuai dengan fitrahnya di lingkungan TK Islam El-Qalam. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan fitrah manusia dalam penanaman nilai-nilai Agama dan Moral Islam pada anak usia dini dan bagaiman kesesuaian pendidikan fitrah manusia manusia dalam penanaman nilai-nilai Agama dan Moral Islam pada anak usia dini di TK El-Qalam Pamulang. Tujuan dari penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah dan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologi dengan subyek penelitian yaitu anak usia dini di TK Islam El-Qalam. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diperiksa keabsahan datanya dengan triangulasi sumber, metode dan waktu. Data dianalisis dengan teknik analisis data model interaktif Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Implemetasi Nialai Agama dan Moral pada Peserta didik TK Islam El-Qalam Pamulang sudah dilakukan pada setiap kegiatan dari awal pembelajaran. Pembelajaran inti sampai akhir pembelajaran yang dilakukan dengan metode keteladanan, pembiasaan, dan berulang-ulang (mudawwamah). Adanya kesesuaian antara penanman Nilai Agama dan Moral dengan pendidikan berbasis fitah manusia dibatasi pada fitrah agama dan fitrah sosial manusia, dilihat dari nilai-nilai yang terkandung pada keduanya. Berdasarkan temuan peneliti bahwa ada kesuaian antar teori fitrah manusia dengan penanaman nilai agama dan moral pada anak usia dini yaitu pendapat Prof. Dr. Abdul Mujib tentang fitrah Fitrah memiliki banyak dimensi, tetapi demensi yang terpenting adalah: Fitrah Agama, Fitrah Intelek, Fitrah Sosial, Fitrah seni, Fitarh kemajuan. Fakta temuan peneliti pada imlementasi nilai agama dan moral sesuai dengan teori dari Helmawati bahea pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD) pengembangan karakter pada anak usia dini lebih menekankan pada: metode keteladanan, pembiasaan, pengulangan, pelatihan, dan motivasi . Indikator Keberhasilan Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Menurut Helmawati, keberhasilan pengembangan karakter dalam pendidikan anak usia dini dapat diketahui dari perilaku sehari-hari yang tampak pada setiap aktivitas berikut: kesadaran, kejujuran, keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, kepedulian, kebeba-san dalam bertindak, kecermatan/ ketelitian, dan komitmen .en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPendidikan Fitrah Manusiaen_US
dc.subjectNilai Agama dan Moralen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Berbasis Fitrah Manusia Dalam Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di TK Islam El-Qalam Pamulangen_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
217430209-Nurhakimah.pdf
  Restricted Access
217430209-Tesis2.74 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.