Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1050
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSri Tuti Rahmawati-
dc.contributor.authorWahyu Rumyati, 16311763-
dc.date.accessioned2020-08-25T05:14:56Z-
dc.date.available2020-08-25T05:14:56Z-
dc.date.issued2020-08-06-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1050-
dc.description.abstractBanyak orang yang merasakan kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, baik itu dari kalangan anak-anak, kalangan remaja, orang tua, dari laki-laki maupun perempuan. Padahal sebenarnya Al-Qur’an mudah dipelajari dan tidak sulit, dengan syarat adanya kemauan, keseriusan dan kesungguhan dalam mempelajarinya. Maka dari itu banyak metode-metode yang diciptakan untuk memudahkan dalam membaca Al-Qur’an, salah satunya adalah metode Tilawati. Karena itulah penulis membuat karya ilmiah yang berjudul “Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta”. Karya ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Tilawati di madrasah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis dengan latar penelitian di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta, subjek penelitiannya adalah siswa MI kelas satu (1). Peneliti melakukan observasi terhadap aktivitas guru yang meliputi pelaksanaan kegiatan pembuka, pelaksanaan kegiatan inti, dan pelaksanaan kegiatan penutup. Selain observasi aktivitas guru, peneliti juga mengamati kualitas bacaan Al-Qur’an siswa dalam pembelajaran, yang meliputi kelancaran membaca siswa, kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan kaidah hukum tajwid yang benar, dan kemampuan membaca serta mengucapkan huruf yang sesuai dengan makhrajnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta bahwa proses pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Tilawati ini telah berjalan dengan baik, karena penerapan metode Tilawati di madrasah ini telah prosedur, serta teknik pembelajarannya, sehingga metode Tilawati di madrasah ini dinilai efektif untuk membantu siswa dalam hal membaca Al-Qur’an.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode Pembelajaran Al-Qur’anen_US
dc.titleImplementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakartaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311763.pdf
  Restricted Access
3.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.