Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1098
Title: Analisis Isi Pesan Dakwah Bergambar di Akun Instagram @ZaidulAkbar
Authors: Widia Khumaira, 16220033
Advisor: Al-Mukaromah
Issue Date: 2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Saat ini, perkembangan penyebaran dakwah di media sosial semakin beragam. Salah satunya adalah maraknya dakwah melalui instagram. Menimbang tingginya antusiasme masyarakat terhadap dakwah yang disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar. Penulis tertarik untuk mengetahui lebih dalam apa sebenarnya dakwah yang disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar. Terlebih melalui akun instagramnya @zaidulakbar yang tergolong memiliki respon tinggi pada setiap postingannya dibandingkan akun dakwah/public figure lainnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana isi pesan dakwah bergambar di akun instagram @ZaidulAkbar, bagaimana daya tarik pesannya dan bagaimana respon followers terhadap pesan dakwah bergambar di akun instagram @ZaidulAkbar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengkategorisasikan pesan dakwah dan daya tarik pesan yang terdapat instagram @ZaidulAkbar, serta respon followersnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi kualitatif. Analisis isi yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui kecenderungan isi komunikasi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi analisis pada postingan @zaidulakbar selama tiga bulan serta wawancara kepada beberapa followers di instagram @zaidulakbar untuk mengecek kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada instagram @zaidulakbar terdapat 42 postingan mengandung pesan Akidah, 30 pesan Syariah dan 42 pesan Akhlak. Penulis berkesimpulan bahwa tidak ada dominasi pesan dakwah yang disampaikan di instagram @ZaidulAkbar. Kemudian untuk daya tarik pesan terdapat 37 postingan mengandung daya tarik rasional, 5 daya tarik takut, 16 daya tarik ganjaran, 19 daya tarik emosional, dan 26 daya tarik motivasi. Hal ini berarti pesan dengan daya tarik rasional paling sering disampaikan di instagram @ZaidulAkbar. Followers di akun instagram @ZaidulAkbar juga memiliki respon yang positif. Untuk respon followers pada pesan dakwah, followers lebih banyak menyukai tentang pesan Akhlak (postingan berupa foto) dan pesan Akidah (postingan berupa video). Sementara untuk daya tarik pesan, followers memiliki antusias yang tinggi terhadap pesan berdaya tarik Emosional, baik berupa foto ataupun video. Pesan yang disampaikan @ZaidulAkbar juga mempengaruhi followers dari tahap kognitif, afektif hingga behavioral.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1098
Appears in Collections:Skripsi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16220033.pdf
  Restricted Access
3.18 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.