Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1115
Title: Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Pada Siswa Kelas V SDN Cipinang Besar Selatan 16 Pagi Jakarta Timur
Authors: Amalia, 15311605
Advisor: Fajar Syarif
Issue Date: 9-Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan peran yang dijalankan Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas V SDN Cipinang Besar Selatan Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Metode ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencari informasi sedalam-dalamnya mengenai pendidikan Agama Islam pada kelas V yang telah dilakukan oleh Guru PAI melalui wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada kelas V siswa SDN Cipinang Besar Selatan 16 Pagi Jakarta Timur dapat dikategorikan baik. Hal itu dapat dilihat pada indikasi peranan guru dalam proses belajar mengajar yang meliputi, cara menyampaikan materi sesuai dengan mata pelajaran yang akan diajarkan, membimbing siswa yang belum mampu dalam membaca Al-Qur‟an serta memberi motivasi kepada siswa yang kurang minat dalam mempelajari Al-Qur‟an. Kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa SDN Cipinang Besar Selatan 16 Pagi Jakarta Timur sudah cukup baik, pada waktu penulis memberikan soal-soal tes membaca Al-Qur‟an kepada siswa ada 40% siswa yang mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik dan ada 60% siswa yang belum mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik. hal ini menunjukkan banyaknya yang kurang mampu membaca, menulis, dan memahami tajwid dalam dalam Al-Qur‟an. Berarti kemampuan membaca Al-Qur‟an Pada Siswa belum ada peningkatan setelah belajar di sekolah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1115
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311605.pdf
  Restricted Access
2.43 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.