Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1119
Title: Implementasi Metode Maisura Dalam Pembelajaran Tahfizh Dan Tahsin (Studi Kasus Santri Tahfizh Putri Di Pondok Pesantren Qodratullah Putri Langkan)
Authors: Ana Miftahul Jannah, 16311640
Advisor: Nadjematul Faizah
Issue Date: 21-Jul-2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode maisura dalam pembelajaran Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan-Banyuasin III. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah koordinator tahfizh putri, guru ilmu tajwid kelas XII MA, dan perwakilan santri tahfizh kelas XII MA Pondok Pesantren Qodratullah Langkan-Banyuasin III. Kemudian penulis melakukan pengamatan secara langsung implementasi Metode Maisura dalam pembelajaran Al-Qur‟an, serta melakukan wawancara dengan koordinator tahfizh putri, guru ilmu tajwid kelas XII MA, dan perwakilan santri tahfizh kelas XII MA, dan dokumentasi dengan mengambil data-data yang diperlukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an dengan Metode Maisura di Pondok Pesantren Qodratullah sudah sesuai dengan buku Petunjuk Praktis Tasin Tartil Al-Qur‟an Metode Maisura, dimana metode pembelajarannya menggunakan metode Klasikal Individual, metode Demonstrasi, dan metode Tutor Sebaya, namun dalam proses pelaksanaannya ditemukan faktor penghambat yaitu kekurangan buku Petunjuk Praktis Tasin Tartil Al-Qur‟an Metode Maisura, tidak adanya alat peraga, dan kurangnya tenaga guru yang mengajar metode Maisura sedangakan faktor pendukung menggunakan teknologi pembelajaran infocus sehingga mempermudah menjelaskan materi Metode Maisura
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1119
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311640.pdf
  Restricted Access
3.86 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.