Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1120
Title: Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) Studi Kasus Siswa Kelas 4 MI Nurul Ghosyiyah
Authors: Annisa Amany, 16311642
Advisor: Nadjematul Faizah
Issue Date: 20-Aug-2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Dalam mengajarkan ilmu membaca Al-Qur`an yaitu mengggunakan metode Yanbu‟a. Metode ini merupakan metode praktis dalam mengajarkan ilmu membaca Al-Qur`an. MI Nurul Ghosyiyah telah menggunakan metode Yanbu‟a untuk memperbaiki bacaan dengan baik dan benar. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui implementasi metode Yanbu‟a dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) dengan metode Yanbu‟a pada siswa kelas 4 jilid 4 di MI Nurul Ghosyiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah ketua pelaksana Yanbu‟a sekaligus pengajar Yanbu‟a kelompok 10, pengajar Yanbu‟a kelompok 3, pengajar Yanbu‟a kelompok 4, pengajar Yanbu‟a kelompok 5 dan siswa kelas 4 jilid 4. Kemudian penulis melakukan pengamatan secara langsung dan tidak langsung implementasi metode Yanbu‟a dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ). serta melakukan wawancara dengan ketua pelaksana Yanbu‟a sekaligus pengajar Yanbu‟a kelompok 10, pengajar Yanbu‟a kelompok 3, pengajar Yanbu‟a kelompok 5, siswa kelas 4 jilid 4, dan dokumentasi dengan mengambil data-data yang diperlukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Yanbu‟a dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) di MI Nurul Ghosyiyah sudah baik dan sesuai bahkan melebihi standar Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) kelas 4 SD/MI yang hanya membaca surah Al-Fiil dan Al-Falaq yaitu siswa sudah mampu membaca potongan ayat pada surah Al-Baqarah Juz 2 ayat 200, surah Maryam Juz 16 ayat 1, dan surah At-Talaq Juz 28 ayat 4. Hal ini merujuk pada Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Sistem pembelajaran di MI Nurul Ghosyiyah biasanya diawali dengan pembukaan yakni dengan pembacaan surah Al-Fatihah setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan tawassul, kalamun, lalu dilanjutkan dengan pembelajaran klasikal awal, setor privat/talaqqi, dan klasikal akhir sebagai penutup. Namun pada masa pandemi covid-19 pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) dilaksanakan secara online sehingga waktu untuk membaca tawassul, klasikal, tidak dapat dilaksanakan. Dalam penelitian ini penulis menemukan faktor penghambat sarana dan prasarana yaitu ruang kelas untuk mengaji yang terbatas, satu kelas untuk dua kelompok. Sehingga suasana pembelajaran menjadi kurang kondusif sedangkan faktor pendukung yaitu tersedianya kitab dan alat peraga.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1120
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311642.pdf
  Restricted Access
4.69 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.