Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1127
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sri Tuti Rahmawati | - |
dc.contributor.author | Siva Octaviani, 16311672 | - |
dc.date.accessioned | 2020-09-21T08:25:04Z | - |
dc.date.available | 2020-09-21T08:25:04Z | - |
dc.date.issued | 2020-08-24 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1127 | - |
dc.description.abstract | Program literasi yang diadakan di sekolah ini merupakan bentuk pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Aspek yang menjadi fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi Program Unggulan Literasi dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMP Islam Plus Az-Zahra dan 2) Bagaimana Peningkatan Kreativitas Siswa juga faktor pendukung dan penghambat sebagai bentuk kontribusi Implementasi Program Unggulan Literasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa SMP Islam Plus Az-Zahra sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan indikator keterampilan dalam kompetensi inti (KI-4) kurikulum 2013 di jenjang SMP/Mts. Implementasi program unggulan literasi dalam meningkatkan kreativitas siswa SMP Islam Plus Az-Zahra memberikan kontribusi yang besar dalam menciptakan sekolah yang lebih baik. Hal yang dirasakan dari kegiatan literasi ini terutama bagi siswa sangat membantu dalam meningkatkan kualitas belajar, menambah wawasan pengetahuan serta meningkatkan kreativitas dalam menulis. Penerapan kegiatan literasi ini memberikan efek yang sangat baik dan sangat positif dalam meningkatkan kemampuan siswa terutama dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah. Kontribusi Implementasi program unggulan literasi dalam meningkatkan kreativitas siswa SMP Islam Plus Az-Zahra yaitu adanya komitmen para guru, adanya semangat siswa dan adanya fasilitas dari sekolah atau yayasan untuk hunting buku. Sedangkan faktor penghambat yakni kurangnya buku sehingga siswa harus membawa buku sendiri-sendiri, dan terkadang siswa yang tidak disiplin, tidak membawa buku bacaannya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Program Unggulan Literasi | en_US |
dc.subject | Kreativitas | en_US |
dc.title | Implementasi Program Unggulan Literasi dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMP Islam Plus Az-Zahra Depok | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16311672.pdf Restricted Access | 4.26 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
16311672_Publik.pdf Restricted Access | 1.29 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.