Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1138
Title: Implementasi Pembelajaran Berbasis Sumber (Resource Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Materi Akidah Akhlak Siswa Kelas IV MI Mumtaza Islamic School
Authors: Rizka Muliani Syahra, 16311707
Advisor: Eka Naelia Rahmah
Issue Date: 31-Aug-2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis sumber (resource based learning) dalam meningkatkan kemampuan berpikir materi akidah akhlak siswa kelas IV MI Mumtaza Islamic School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian di MI Mumtaza Islamic School. Sumber data utama adalah Guru Akidah Akhlak Kelas IV dan Siswa-Siswi Kelas IV MI Mumtaza Islamic School. Data penelitian diambil dari skunder buku, jurnal, dan skripsi serta sumber dokumen berupa foto. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Dalam sebuah lingkup pendidikan, persoalan pembelajaran merupakan kegiatan utama. Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran, dipengaruhi oleh metode yang digunakan. Pembelajaran berbasis sumber (resource based learning) adalah suatu metode yang memanfaatkan berbagai sumber yang ada, baik media elektonik maupun non elektonik, maupun manusia itu sendiri. Resource based learning adalah metode pembelajaran yang mana pembelajaran ini memanfaatkan berbagai sumber belajar, serta pemanfaatan pusat belajar dalam artian lingkungan atau tempat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran berbasis sumber (resource based learning) peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran, dengan diterapkannya pembelajaran berbasis sumber peserta didik pun menjadi lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1138
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311707.pdf
  Restricted Access
2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.