Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1139
Title: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Siswa di SMP Darussalam Ciputat
Authors: Satimah, 16311708
Advisor: Eka Naelia Rahmah
Issue Date: 31-Aug-2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahwasanya model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) mampu meningkatkan pemahaman belajar pada SMP Darussalam Ciputat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan dekriptif.Tempat penelitian di SMP Darussalam Ciputat. Sumber data utama adalah bagian akademik sekolah dan empat siswa-siswi kelas VII dan IX SMP Darussalam Ciputat. Adapun data juga diambil dari skunder buku, jurnal, dan skripsi, serta sumber dokumen berupa foto. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa model pembelajaran STAD dalam meningkatkan pemahaman pada peserta didik terbagi menjadi enam aspek, yakni 1) pengetahuan, siswa mampu mengingat informasi dalam pembelajaran, 2) pemahaman, peserta didik mampu menjelaskan pengetahuan/informasi pembelajaran 3) penerapan, peserta didikmampu menerapkan pemahaman pembelajaran dengan baik. 4) Analisis, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan untuk mencapai kesimpulan. 5) Sintesis, peserta didik mampu menyimpulkan pembelajaran yang dijelaskan guru. 6) Evaluasi, peserta didik mampu memperbaiki nilai dalam pembelajaran. Adapun Pelaksanaan model pembelajaran STAD ini sudah mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar agar lebih aktif interaksi satu sama lain dan dan pembelajaranpun menjadi efektif. Walau secara teknis pembelajarannya ada kendala.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1139
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311708.pdf
  Restricted Access
2.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.