Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1140
Title: “Modul Bahan Ajar Al-Qur’an Hadits (Studi Perbandingan Materi, Proses Dan Penilaian Antara Modul Berbasis Pesantren Dan Berbasis Kementrian Agama) Di Al-Hidayah Boarding School Depok
Authors: Siti Rugaya, 16311713
Advisor: Alfun Khusnia
Issue Date: 10-Aug-2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan modul bahan ajar berbasis Pesantren dengan modul bahan ajar berbasis Madrasah kelas IX semester genap di Al-Hidayah Boarding School dilihat dari segi materi, proses dan penilaian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan materi, proses dan evaluasi/penilaian kedua bahan ajar tersebut memiliki kesesuaian. Dari segi materi modul berbasis kementerian agama bab ke 2 terdapat hadits tentang keutamaan menuntut ilmu dan menghargai waktu. Dalam kitab Hadits Arba’in terdapat pula hadits serupa pada hadits nomor 36 dan 40. Berdasarkan proses pembelajaran dalam kitab Hadits Arba’in peserta didik melakukan roisan (diskusi antar siswa) dan nazhoman (kajian terjemah tartibul kalimah). Berdasarkan evaluasi/penilaian dalam modul berbasis kementerian agama adanya perangkat pendukung proses pembelajaran hingga evaluasi hasil belajar (soal, latihan, dan ujian). Sedangkan kitab Hadits Arba’in ujian berdasarkan hadits yang telah dikaji dan dihafalkan
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1140
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311713.pdf
  Restricted Access
2.86 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.