Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1153
Title: Pengaruh Program Bimbingan Konseling Homeroom Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal SMP Musim Asia Afrika
Authors: Syifa Firdaus Aini Alhammam, 16311759
Advisor: Alfun Khusnia
Issue Date: 5-Aug-2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan interpersonal siswa SMP Muslim Asia Afrika dan untuk mengetahui pengaruh kegiatan homeroom dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal SMP Muslim Asia Afrika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kecerdasan interpersonal siswa SMP Muslim Asia Afrika dan Apakah program bimbingan konseling homeroom berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal siswa SMP Muslim Asia Afrika. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian verifikasi. Subjek dalam penelitian siswa kelas 7 dan kelas 8 SMP Muslim Asia Afrika dengan jumlah 49 siswa terdiri dari 26 perempuan dan 23 laki laki. Data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis kerja diterima/ ada pengaruh positif yang signifikan pada kegiatan program homeroom dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal SMP Muslim Asia Afrika yakni sebesar 0,200 artinya bahwa pengaruh variable X (Kegiatan Homeroom) terhadap Y (Kecerdasan Interpersonal) sebesar 20%.Tingkat kecerdasan interpersonal siswa SMP Muslim Asia Afrika berdasarkan analisis statistik dikategorikan sedang yakni diihat dari frekuensi skor total sebesar 87,5%, sedangkan Dari analisis keseluruhan yaitu aspek social sensitivity lebih tinggi daripada social insight dan social comunication. Hal ini dapat dilhat dari mean = 2,82 > 2,52 dan 2,77
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1153
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311759.pdf
  Restricted Access
1.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.