Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1203
Title: Progam Psikososial Dalam Mengatsi Trauma Anak (Studi kasus di SDN Inpres Sidera, SDN Oloboju, SDN Sibalaya tahun 2018)
Authors: Indah Kurnia Utami, 15311542
Advisor: Saepullah
Issue Date: 12-Sep-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Trauma pada anak lebih mudah terjadi karena jiwanya yang masih polos. Trauma dapat di sembuhkan melalui trauma healing. Progam psikososial termasuk di dalamnya adalah trauma healing untuk menyembuhkan aspek-aspek psikososial yang terluka akibat bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana progam psikososial yang dilakukan oleh tim psikososial LD-PBNU dalam mengatasi trauma anak paska bencana alam. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan progam psikososial oleh tim psikososial LD-PBNU dalam mengatasi trauma anak untuk menyembuhkan aspek-aspek psikososial anak. Jenis penelitiannya adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Objek penelitian ini adalah progam psikososial. Subjek penelitian ini adalah tim psikososial LD-PBNU dan anak yang sekolah SDN Inpres Sidera, SDN Oloboju dan SDN Sibalaya. Sumber data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh tim psikososial. Sumber pendukung dalam penelitian ini adalah buku-buku atau jurnal yang sesuasi dengan pembahasan. Data-data tersebut didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa progam psikososial membangkitkan rasa kepercayaan diri, kemandirian, kreatifitas, dan inisiatif, pada diri anak paska mengalami trauma.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1203
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311542.pdf
  Restricted Access
2.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.