Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1208
Title: Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Adâbul Insân Karya Sayyid Usman bin Yahya
Authors: Nia Fajriyatul Umniyyah, 16311663
Advisor: Fajar Syarif
Issue Date: 2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Pendidikan akhlak adalah bagian terpenting dalam pendidikan Islam. Ajaran Islam banyak membahas ajaran-ajaran tentang akhlak mulia karena pembentukan akhlak mulia itu adalah misi pendidikan Islam yang utama. Dalam dunia pendidikan di Indonesia, krisis pendidikan yang paling menonjol adalah krisis pendidikan akhlak. Dikarenakan pentingnya pendidikan akhlak, maka dari itu pendidikan akhlak perlu konsep, supaya pendidikan yang dijalankan berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Kitab adâbul insân dapat dijadikan acuan untuk konsep pendidikan akhlak tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam kitab adâbul insân karya Sayyid Usman bin Yahya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research yaitu penelitian kepustakaan dengan mengambil objek kitab adâbul insân karya Sayyid Usman bin Yahya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis isi (Content Analysis), yaitu menganalisis konsep pendidikan akhlak di dalam kitab adâbul insân. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan akhlak dalam kitab adâbul insân karya Sayyid Usman bin Yahya yang berhubungan dengan guru dan murid ada dua, yakni (1) Adab murid kepada guru diantaranya murid harus memuliakan guru, menghormati guru dan berperilaku baik terhadap guru. dan (2) Adab guru dalam mengajar, diantaranya yaitu memahami materi yang diajarkan ke murid, dan mengajar sesuai dengan kadar kemampuan murid.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1208
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311663.pdf
  Restricted Access
1.47 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.