Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1210
Title: Nilai-Nilai Akhlak Sosial Bermasyarakat Perspektif Imam Al-Ghazali
Authors: Alfin Nurrosyidah, 16311722
Advisor: Dewi Maharani
Issue Date: 2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang masalah penelitian ini yakni untuk meneliti kehidupan generasi ini tidak bisa dilepaskan dari teknologi dan internet. Di era ini segala sesuatu bergerak dengan cepat, dunia menjadi tanpa batas, informasi dapat diperoleh dimana saja dan dari siapa saja. Generasi millennial lahir ketika handphone dan media sosial mulai muncul di Indonesia, sehingga wajar apabila generasi ini lebih melek teknologi dibanding generasi sebelumnya. Gaya hidup yang muncul di zaman millennial beraneka ragam, mereka cenderung lebih fokus kepada pola hidup bebas, hedonisme dan ketergantungan terhadap budaya barat. Gaya hidup seperti di atas ini sangat berpengaruh terhadap perubahan akhlak pada generasi umat Islam. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai akhlak sosial bermasyarakat perspektif Imam Al-Ghazali. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni merupakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Dari hasil analisis penulis, Imam Al-Ghazali menjabarkan bahwasanya tolak ukur seseorang mulia di sisi Allah Swt yakni dengan akhlaknya. Nilai-nilai akhlak sosial dalam bermasyarakat menurut perspektif Imam Al-Ghazali yakni saling memuliakan, antar sesama manusia. Dalam ruang lingkup masyarakat Al-Ghazali menjalin interaksi antara makhluk individu dengan individu lain atau individu dengan kelompok lain yaitu dengan cara membina Ukhuwah Islamiyah terhadap kerabat dekat, tetangga sekitar, dan kerabat jauh. Kata
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1210
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311722.pdf
  Restricted Access
1.73 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.