Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1224
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSyahida Rena-
dc.contributor.advisorPahrurraji-
dc.contributor.authorRobiatul Adawiyah, 218430237-
dc.date.accessioned2021-02-24T08:18:09Z-
dc.date.available2021-02-24T08:18:09Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1224-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi sains dan agama dalam pendidikan Islam di era 4.0 di Yayasan Darul Qur’an Mulia Putri SMPIT Kelas IX Gunung Sindur – Bogor dan untuk mengetahui strategi integrasi di dalamnya melalui empat indikator, yaitu aspek kurikulum, aspek model pembelajaran, aspek SDM, dan aspek sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-kualitatif berdasarkan pada literature-literatur yang bertujuan untuk menemukan strategi-strategi untuk integrasi sain dan agama dalam pendidikan Islam di era 4.0. Proses penggalian data menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). integrasi sains dan agama dalam pendidikan Islam di era 4.0 di Yayasan Darul Qur’an Mulia Putri SMPIT Kelas IX Gunung Sindur – Bogor adalah terdiri dari tiga integrasi, yaitu: a. integrasi Yayasan tersebut dengan sekolah terpadu yang di dalamnya ada tiga aspek; jasadiyah, fikriyyah, dan ruhiyyah, b. integrasi kurikulum yang terdiri dari kurikulum diknas, kurikulum pesantren, kurikulum tarbiyah, dan kurikulum Al-Qur’an, c. integrasi keterpaduan antara orang tua murid dan guru, kurikulum, dan konsep pendidikan, dan 2). strategi integrasi di dalam Yayasan tersebut melalui empat indikator, yaitu aspek kurikulum, aspek model pembelajaran, aspek SDM, dan aspek sarana prasarana adalah dengan tujuh strategi, yaitu: a. mendorong pengembangan integrasi antara keduanya di era 4.0, b. memilih pendidikan integrasi antara keduanya, c. inovasi pengembangan model pembelajaran, d. memberikan edukasi kepada SDM, e. memperkuat teknologi dan jaringan kepada instansi pendidikan Islam, f. inovasi integrasi keduanya melalui projectly time, dan g. memperkuat kompetensi SDM.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Integrasien_US
dc.subjectSains dan Agamaen_US
dc.subjectPendidikan Islam Di Era 4.0en_US
dc.titleStrategi Integrasi Sains dan Agama dalam Pendidikan Islam di Era 4.0 (Studi Kasus Yayasan Darul Qur'an Mulia Putri SMPIT Kelas IX Gunung Sindur-Bogor)en_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
218430237-Robiatul Adawiyah.pdf
  Restricted Access
218430237-Tesis5.02 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.