Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1244
Title: Esensi Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Guru SMP At-Thohiriyah)
Authors: Nusrotillah, 16311703
Advisor: Eka Naelia Rahmah
Issue Date: 2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan esensi pengelolaan kelas pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, serta pendekatan penelitian pendekatan deskriptif. Sebagai sumber data utama yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam PAI SMP At-Thohiriyah. Sumber pendukung lainnya berupa buku-buku, untuk mendapatkan data dengan observasi ke sekolah, wawancara dengan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), wakil kepala sekolah bagian kurikulum, serta kepada 5 (lima) orang siswa dan siswi SMP At-Thohiriyah. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa dalam pengelolaan kelas tidak hanya penataan fisik saja yang dapat guru lakukan, tetapi guru juga harus bisa menumbuhkan dan mempertahankan semangat belajar siswa agar siswa tidak merasa jenuh dalam pembelajaran. Seorang guru juga harus memberikan tugas kepada siswa, tugas-tugas tersebut dapat berupa soal-soal yang dapat membuat siswa lebih semangat lagi dalam belajar. Metode yang digunakan juga harus bervariasi agar siswa tidak bosan. Tidak hanya itu, guru juga dituntut dapat menyesuaikan gaya mengajar dengan kondisi kelas serta dapat memanfaatkan segala sarana dan prasarana yang sudah tersedia di Sekolah seperti mushallah, halaman, proyektor dan lain-lain. Salah satu tujuan dari pengelolaan kelas adalah peserta didik dapat mengembangkan disiplin diri.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1244
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311703.pdf
  Restricted Access
2.37 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.