Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1274
Title: Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Kejuruan.(Studi Kasus Pondok Pesantren Darussa‟adah Sentul Bogor)
Authors: Ainillatifah Nurul Haj, 15311463
Advisor: Faza Karimatul Akhlak
Issue Date: 2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Perekonomian keluarga menjadi salah satu faktor penting yang melatar belakangi prestasi anak didik di sekolah karena fasilitas dan kelengkapan belajar merupakan tanggung jawab orang tua untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah kondisi ekonomi orangtua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara latar belakang social ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa menengah kejuruan jenis penelitian dalam bidang pendidikan adalah penelitian expost facto, yaitu meneliti hubungan sebab akibat yang tidak dimanipulasi atau diberikan perlakuan. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Darussa‟adah Kota Sentul dengan subyek kelasX, XI, dan XII tahun ajaran 2019/2020. sampel yang diteliti sebanyak 52 siswa dari ukuran sampel yang telah diketahui. Pengumpulan data dengan Analisis dokumen dan Angket. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa dilihat pada nilai sig kedua variable telah menunujukkan angka valid, yaitu 0.000<0.1. maka antara variable social ekonomi terhadap prestasi belajar dinyatakan terdapat pengaruh secara signifikan. Dan pada hubungan positif atau negative, maka dapat dilihat pada item person correlation dimana terdapat nilai – pada setiap angka kedua variable pada penelitian ini. Maka dapat peneliti katakana bahwa variable social ekonomi berpengaruh negative signifikan rerhadap variable prestasi belajar siswa
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1274
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311463.pdf
  Restricted Access
2.34 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.