Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1306
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorUpi Zahra-
dc.contributor.authorIntan Nur’arifah, 17220055-
dc.date.accessioned2021-09-01T08:10:33Z-
dc.date.available2021-09-01T08:10:33Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1306-
dc.description.abstractKegiatan Muhadhoroh adalah kegiatan berlatih pidato/kegiatan berbicara di depan umum yang dilakukan setiap minggunya di MTs Daarul Hikmah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa, khususnya dalam hal pidato juga berdakwah, untuk mengasah keberanian dan juga mental siswa dalam hal berbicara dihadapan banyak orang, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam kegiatan Muhadhoroh. Permasalahan yang dipusatkan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kegiatan Muhadhoroh yang diterapkan oleh sekolah MTs Daarul Hikmah dalam meningkatkan kemampuan berdakwah siswa. Persamaan dan perbedaan penelitian terdahulu dengan penelitian ini yaitu terletak pada objeknya, seperti contoh pada skripsi dengan judul “Strategi Pelatihan Muhadhoroh Terhadap Kemampuan Berpidato Santri Pondok Pesantren Darul Falah Teluk Betung Bandar Lampung”. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan penelitian adalah guru pembimbing kegiatan Muhadhoroh, salah satu wali kelas MTs Daarul Hikmah dan beberapa siswanya. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang dipakai adalah triangulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode induktif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian pada implementasi kegiatan Muhadhoroh dalam meningkatkan kemampuan berdakwah siswa merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang diadakan di luar jam sekolah setiap hari jum’at pagi pada pukul 07.00 s/d 08.00 WIB sebelum pembelajaran kelas dimulai. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya yaitu: kegiatan pelatihan secara rutin, pengawasan dari dewan guru, jadwal penugasan yang terstruktur, siswa antusias memiliki rasa ingin tahu, keahlian dewan guru, keterlibatan pengurus OSIS dalam mengatur jalannya Muhadhoroh, adanya seleksi siswa, dan adanya evaluasi belajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: siswa malas membuat dan menghafal teks pidato, demam panggung/gerogi, kurangnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan Muhadhoroh dan faktor alam. Tujuan yang melatarbelakangi diadakannya kegiatan Muhadhoroh yaitu agar siswa dapat mempelajari ilmu agama Islam lebih dalam lagi di luar pembelajaran kelas, dapat membentuk kepribadian siswa yang baik, dapat meningkatkan cara berfikir agar lebih kritis, mengasah rasa percaya diri serta melatih psikologis dan kemampuan untuk berbicara di depan orang banyaken_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMuhadhorohen_US
dc.subjectDakwahen_US
dc.titleImplementasi Kegiatan Muhadhoroh dalam Meningkatkan Kemampuan Berdakwah Siswa Madrasah Tsanawiyah Daarul Hikmah Pamulang Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17220055.pdf
  Restricted Access
1.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.