Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1311
Title: Implementasi Metode Tamyiz dalam Menerjemahkan Al-Qur’an di SMP Al-Qur’an Ma’rifatussalaam Subang (Studi Kasus Siswi Kelas VII)
Authors: Ira Humaira, 16311648
Advisor: Esi Hairani
Issue Date: 2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode tamyiz dalam menerjemahkan Al-Qur’an serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran metode Tamyiz di SMP Al-Qur’an Ma’rifatussalaam Subang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah kepala sekolah, Pembina metode Tamyiz, guru kelas VII, dan perwakilan siswi kelas VII SMP Al-Qur’an Ma’rifatussalaam Subang. Kemudian penulis melakukan pengamatan secara langsung implementasi metode tamyiz dalam menerjemahkan Al-Qur’an, melakukan wawancara dengan kepala sekolah, Pembina metode Tamyiz, guru kelas VII, dan perwakilan siswi kelas VII dan dokumentasi mengambi data-data yang diperlukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran metode tamyiz sudah sesuai dengan buku petunjuk pintar terjemah Qur’an dan kitab kuning, dimana metode pembelajarannya menggunakan metode ceramah, metode latihan, metode demonstrasi dan tehnik belajar laduni. Adapun dalam proses pelaksanaannya ditemukan faktor penghambat ialah kurangnya SDM pengajar dan alokasi waktu jam pembelajaran. Sedangkan faktor pendukungnya adalah dipenuhinya sarana prasarana sesuai kebutuhan pembelajaran, adanya pembekalan dan pelatihan untuk pengajar dan materi yang mendukung program sekolah
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1311
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311648.pdf
  Restricted Access
3.03 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.