Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1324
Title: Strategi Public Relations Penerimaan Mahasiswa Baru di Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta (Periode 2020-2021)
Authors: Feby Rahma Dhillah, 17220047
Advisor: Al-Mukaromah
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Skripsi ini dilatarbelakangi bahwasanya dalam penerimaan mahasiswa baru di sebuah kampus perlu adanya strategi-strategi yang digunakan demi tercapainya tujuan dari perguruan tinggi tersebut. Terlebih saat masa pandemic covid-19 yang melanda di Indonesia membuat sistem tatanan kehidupan menjadi berubah total termasuk pada pendidikan dan proses pendaftaran bagi calon mahasiswa baru, maka dari itu strategi public relations dalam promosi dan meningktakan citra dan promosi pada sebuah perguruan tinggi sangat diperlukan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi public relations dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB) periode 2020-2021 di Institut Ilmu Al-Qur`an Jakarta. Perbedaan penelitian terdahulu dengan penelitian ini yaitu terletak pada objek penelitian, seperti contoh dari skripsi terdahulu yang berjudul Strategi Public Relations Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Falah Sukorejo Dalam Membangun Citra Lembaga Terhadap Khalayak Eksternal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Juga menggunakan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta analisis validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber yaitu dengan mengecek data yang diperoleh melalui beberapa sumber. Dari penelitian ini di peroleh hasil bahwa pertama, pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru dilakukan semua secara online mulai dari pendaftaran, tes seleksi sampai dengan daftar ulang dan perkuliahan yang dilakukan secara online. Kedua, panitia penerimaan mahasiswa baru menggunakan strategi diantaranya sistem penerimaan mahasiswa berbentuk digital, melakukan kerjasama dengan berbagai pihak lembaga dan instansi untuk menarik minat calon mahasiswa baru. Ketiga, perumusan strategi public relations dalam penerimaan mahasiswa baru menggunakan teori Philip Kotler yaitu, product, price, place, dan promotion
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1324
Appears in Collections:Skripsi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17220047.pdf
  Restricted Access
3.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.