Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1326
Title: Pengaruh Media Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswi Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta
Authors: Evita Nadra, 17311774
Advisor: Alfun Khusnia
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Resiliensi akademik merupakan proses kemampuan individu untuk bangkit dan beradaptasi dalam menghadapi kesulitan, tantangan, serta berbagai tugas akademik. Pandemi Covid-19 yang dialami saat ini berdampak pada berbagai sektor termasuk sektor pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan kebijakan bahwa penyelenggaraan belajar dilaksanakan secara online selama pandemi Covid-19. Dengan demikian proses adaptasi dalam kondisi tersebut dibutuhkan oleh Mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran online berbasis aplikasi Zoom Meeting terhadap resiliensi akademik mahasiswi Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total sampel yang digunakan berjumlah 138 mahasiswi Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik probability sampling dengan metode random sampling. Bantuan alat ukur yang penulis gunakan untuk analisis data yaitu IBM SPSS versi 20 dengan teknik regresi linier sederhana, sedangkan untuk pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan penyebaran angket melalui Google Form. Berdasarkan hasil penelitan nilai koefisien dengan signifikansi (0,001 < 0,05) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran online berbasis aplikasi Zoom Meeting terhadap resiliensi akademik mahasiswi Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta serta tingkat pengaruhnya sebesar 7,4%.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1326
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311774.pdf
  Restricted Access
2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.