Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1333
Title: Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pembelajaran Daring Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Kasus Kelas IV B MIS Nurul Hikmah Kebon Manggis)
Authors: Mar’atus Syifa, 17311818
Advisor: Siti Rahma Aziz
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Kurangnya minat belajar pada pembelajaran SKI kelas IVb di MIS Nurul Hikmah yang hanya menggunakan metode resitasi sehingga perlu adanya penerapan media audio visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan media audio visual pada pembelajaran daring SKI, dan peningkatan minat belajar dalam penerapan media audio visual pada pembelajaran daring SKI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsif dan jenis penelitian studi kasus untuk mengetahui sebuah kasus untuk dikaji secara mendalam dan dideskripsikan secara rinci.Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknis analisis data terdiri dari pengunpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses penerapan media audio visual pada pembelajaran daring SKI melalui WhatsApp meliputi perencanaan, pelaksanaan dengan kegiatan pembuka, inti dan penutup. Kemudian proses pembelajaran berupa video slide (gambar, suara dan tulisan), voice note, dokumen dalam bentuk word/pdf dan call. (2) adanya peningkatan minat belajar siswa dilihat dari banyaknya respon para siswa di group saat pengabsenan, timbulnya rasa senang dalam pembelajaran karna melihat gambar-gambar animasi, adanya perhatian, giat dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas serta mentaati peraturan yang telah ditetapkan, hal ini sesuai dengan indikator minat
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1333
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311818.pdf
  Restricted Access
2.21 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.