Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1335
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRomlah Widayati-
dc.contributor.authorMughni Azizzah, 17311820-
dc.date.accessioned2021-09-09T08:31:53Z-
dc.date.available2021-09-09T08:31:53Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1335-
dc.description.abstractSkripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya guru profesional dalam dunia pendidikan, yang tugas utamanya adalah mendidik, mengajar sesuai dengan keahliannya, membimbing, mengarahkan, mencontohkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dengan penuh tanggung jawab. Dalam hal ini, penulis menjadikan Ibnu Sina sebagai tokoh yang diteladani dalam membentuk guru yang profesioanl karena ia merupakan seorang sufi yang gigih dan bersemangat dalam menggali ilmu pengetahuan, ilmuan muslim ternama dan tekenal yang ahli diberbagai bidang, serta seorang filsuf yang banyak berkontribusi dalam dunia pendidikan Islam khususnya mengenai peran guru profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep guru profesional perspektif Ibnu Sina dan untuk mengetahui bagaimana relevansi pendidikan Ibnu Sina pada masa kini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer yang diperoleh dari karya dan tulisan yang secara langsung dari Ibnu Sina yang berhubungan dengan dunia pendidikan khususnya guru profesional, sedangkan data sekunder diperoleh dari kumpulan tulisan yang mendukung temuan untuk menguatkan dan melengkapi dari data primer. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokument. Konsep guru profesional menurut Ibnu sina itu menekankan pada unsur kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Ibnu Sina sangat mempertimbangkan aspek psikologi peserta didik agar bisa didasarkan oleh minat dan bakat, serta ia menuangkan pengalaman pribadinya dalam mempelajari berbagai disiplin ilmu dan keterampilan. Tujuan pendidikan Islam dalam pandangan Ibnu Sina yang pertama adalah menciptakan manusia yang sempurna yaitu manusia yang terbina seluruh potensi dirinya secara seimbang dan menyeluruh, agar dapat terciptanya manusia yang sempurna maka dengan cara melakukan penyesuaian antara diri sendiri, akal, hati, dan ruh. Sebagai guru yang profesional harus sebaiknya harus bisa menjalankan dan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik demi tercapainya cita-cita dalam sekolah yaitu menghapus kebodohan baik lahir maupun bathin. Kriteria seorang guru harus mempunyai kepribadian yang baik dan ideal karena akan menjadi suri tauladan bagi peserta didiknyaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectGuruen_US
dc.subjectProfesionalen_US
dc.subjectIbnu Sinaen_US
dc.titleKonsep Guru Profesional Pespektif Ibnu Sinaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311820.pdf
  Restricted Access
1.88 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.