Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1339
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRomlah Widayati-
dc.contributor.authorWirdatul Aini, 17311838-
dc.date.accessioned2021-09-09T08:44:06Z-
dc.date.available2021-09-09T08:44:06Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1339-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang kurang optimal serta banyaknya peserta didik yang tidak mencerminkan karakter atau akhlak yang baik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui penerapan dan pengaruh dari pendekatan active learning terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter Islami siswa SMPN 4 Tanjungpinang. Adapun masalah yang diangkat dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan pengaruh pendekatan active learning terhadap pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter Islami Siswa SMPN4. Menurut salah satu penelitian terdahulu terdapat persamaan dengan penelitian ini yaitu sama-sama membahas tentang membentuk karakter Islami siswa. Sedangkan perbedaannya terletak pada pendekatan yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Tempat penelitian ini di SMPN 4 Tanjungpinang, kepulauan Riau. Sumber data utama penelitian ini adalah siswa/i SMPN 4 dan guru PAI. Adapun sumber sekunder penelitian ini berasal dari data sekolah, dan studi kepustakaan seperti buku, jurnal, skripsi dan lain-lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif, uji validitas dan reabilitas, uji normalitas, uji korelasi dan uji regresi linear sederhana Hasil perhitungan dari data kuesioner atau penyebaran angket menyatakan bahwa, adanya pengaruh positif dan signifikan antara variable X “pendekatan active learning” terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter Islami siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Hal ini sesuai dengan hasil perhitungan Uji Regresi Linear sederhana yaitu sebesar 61,0%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga menjelaskan bahwa hipotesis awal diterima. Temuan lain dari penelitian ini yaitu adanya program religius yang diterapkan oleh sekolah dan menjadi faktor pendukung dalam membentuk karakter Islami siswaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectactive learningen_US
dc.subjectPembelajaran PAIen_US
dc.subjectMembentuk karakter Islamien_US
dc.titlePengaruh Pendekatan Active Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang-Kepulauan Riauen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311838.pdf
  Restricted Access
2.72 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.