Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1340
Title: “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Pada Masa Pandemi Di SMP Al-Fath Cirendeu
Authors: Annisa Kirana Putri, 17311844
Advisor: Esi Hairani
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan secara online dan dalam pelaksanaannya terdapat beberapa permasalahan yang berhubungan dengan kedisiplinan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk kedisiplinan siswa pada masa pandemi di SMP Al-Fath Cirendeu, dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kedisiplinan siswa ketika pembelajaran online di SMP Al-Fath Cirendeu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data utama penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah bagian Kesiswaan, guru pendidikan agama Islam, dan siswi SMP Al-Fath Cirendeu. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan anasisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam membentuk kedisiplinan antara lain yaitu: menekankan siswa untuk mematuhi peraturan, mengajak dan memotivasi siswa, pembiasaan, keteladanan, pemberian sanksi, pemberian reward, penggunaan advisor program, dan kerjasama dengan wali murid. Sedangkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan kedisiplinan, yaitu: faktor pendukung (diri sendiri, peraturan sekolah, dan keluarga), serta faktor penghambat (diri sendiri, keluarga, dan jaringan koneksi internet).
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1340
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311844.pdf
  Restricted Access
4.05 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.