Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1345
Title: Strategi Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih (Studi Kasus Di Mi Al-Hasyimiyah, Jakarta Barat)
Authors: Naila Auliya Rahmah, 17311826
Advisor: Hasanah
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Strategi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 tentu berbeda dengan strategi yang biasa dilakukan sebelum adanya pandemi. Agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif, maka seorang guru harus mempersiapkan metode dan media pembelajaran yang tepat, serta memilih aplikasi yang mudah diakses guna mencapai tujuan pembelajaran. Pada masa pandemi Covid-19 ini guru dituntut untuk mampu menunjukkan kompetensinya dalam menentukan strategi pembelajaran agar dapat membawa materi pelajaran yang menyenangkan sehingga siswa memiliki antusias yang tinggi dalam menerima pembelajaran. Serta mata pelajaran fikih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan dan menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran daring dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran fikih dan untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat dan pendukungnya serta untuk mengetahui keberhasilan strategi pembelajaran daring dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran fikih di MI al-Hasyimiyah Jakarta Barat. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis dapat merumuskan masalah yaitu: bagaimana strategi pembelajaran daring dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran fikih?, apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan prestasi siswa?, bagaimana keberhasilan strategi pembelajaran daring dalam meningkatkan prestasi siswa?. Persamaan dengan penelitian yang ada sama-sama meneliti strategi pembelajaran dan prestasi siswa tetapi objek penelitian yang peniliti ambil berbeda dari penelitian-penelitian yang telah ada. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer yang digunakan yang diperoleh dari teknik observasi lapangan dan wawancara kepada 1 guru mata pelajaran fikih, kepala sekolah, dan 3 siswa MI al-Hasyimiyah Jakarta Barat. Sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, dan tulisan ilmiah lainnya yang mendukung dalam penelitian. Dan sumber data dokumenter yang diperoleh berupa profil sekolah, kegiatan pembelajaran, dan foto. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang digunakan oleh seorang guru fikih berjalan secara efektif dan efisien, strategi yang digunakan lebih mengarah pada strategi pembelajaran inkuiri. Hal ini dapat diketahui dengan melihat guru ketika sedang melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode dan media yang cukup beragam untuk memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran fikih, serta guru selalu memberikan motivasi dan semangat yang menyentuh hati siswa. Faktor penghambat yang dialami oleh siswa dan guru adalah keterbatasan paket kuota, gangguan sinyal internet, faktor ekonomi yang berbeda-beda, dan kemampuan guru dan siswa dalam menguasai aplikasi pembelajaran internet. Sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya sarana pra sarana yang disediakan oleh madrasah (WIFI, komputer, dan lainnya), baiknya kesehatan guru dan siswa, serta adanya dukungan dan motivasi dari orang tua untuk anaknya selama pembelajaran daring. KKM di MI Al-Hasymiyah adalah 80, dan selama proses pembelajaran secara daring para siswa mengalami peningkatan prestasi selama dua semester, nilai rata-rata siswa MI Al-Hasyimiyah dapat melampaui KKM yang telah ditentukan. 70% siswa kelas VI B mengalami kenaikan dalam nilai rapor dan guru merasa puas atas keberhasilannya dalam mengajar di masa pandemi Covid-19
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1345
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311826.pdf
  Restricted Access
2.61 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.