Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1349
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Rahma Aziz-
dc.contributor.authorDewi Masithoh, 17311772-
dc.date.accessioned2021-09-13T07:02:18Z-
dc.date.available2021-09-13T07:02:18Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1349-
dc.description.abstractAl-Qur’an adalah kitab Allah dan pedoman hidup bagi umat Islam. Mencintai dan mendekatinya dengan membaca secara baik dan benar supaya terhindar dari kesalahan serta dengan menghafal karena dengan menghafal berarti kita telah menjaga kemurnian Al-Qur’an apabila dilaksanakan merupakan ibadah. Barang siapa yang menjalankannya niscaya surga baginya. Hadirnya pesantren penghafal Al-Qur’an membuat masyarakat antusias dan mengharapkan adanya pendidikan yang secara akademik bermutu juga menghasilkan anak yang berpengetahuan keagamaan, berakhlak baik dan juga penghafal Al-Qur’an. Namun, permasalahan yang terjadi kurangnya perhatian untuk meningkatkan kualitas bacaan santri sebelum menghafal Al-Qur’an. Karena itu, penulis ingin menjelaskan bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pembelajaran taḥfīẓ yang efisien, terukur dan mudah dipahami untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi guru serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan pembelajaran taḥfīẓ santri di Ma’had As-Salaam Gunung Putri tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian kualitatif lapangan (field research). Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang terdapat di Ma’had As-Salaam Gunung Putri. Hasil penelitian adalah strategi yang dilakukan guru Ma’had As-Salaam Gunung Putri dalam meningkatkan pembelajaran taḥfīẓ santri tingkat SMP, terdiri dari beberapa tindakan, yaitu: Pembinaan Tahsin, metode ‘Uṡmani yang digunakan dalam pembinaan tahsin, pelatihan/upgrading guru, dan memberi reward/penghargaan kepada santri. Adapun faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi guru Ma’had As-Salaam Gunung Putri dalam meningkatkan pembelajaran taḥfīẓ santri tingkat SMP, yaitu: Faktor penghambatnya adalah kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an, serta faktor pendukungnya adalah memiliki sistem pembelajaran yang baik, seperti buku panduan tahsin, pengajar atau guru yang sudah terlatih dan teknik pembelajaran yang telah diberikan dan dilatihen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectTaḥfīẓen_US
dc.titleStrategi Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran Taḥfīẓ Santri di Ma’had As-Salaam Gunung Putri Tingkat SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311772.pdf
  Restricted Access
3.03 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.