Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1354
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorFaza Karimatul Akhlak-
dc.contributor.authorShafira Farhah, 17311794-
dc.date.accessioned2021-09-13T07:18:47Z-
dc.date.available2021-09-13T07:18:47Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1354-
dc.description.abstractSMK Pariwisata Adi Luhur Jakarta Timur mempunyai banyak program ekstrakulikuler salah satu diantaranya yaitu program Tahfizh Al-Qur’an. Program ini dibuat agar siswa-siswi SMK Pariwisata Adi Luhur mempunyai wadah untuk menampung hafalan Al-Qur’an dan sebagai bentuk dukungan agar dapat meningkatkan hafalannya. Pelaksanaan program Tahfizh tersebut perlu adanya upaya dan dorongan dari pihak sekolah maupun luar sekolah, serta dukungan orang tua untuk menunjang pelaksanaan program ini dan mencapai target hafalan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui sistem pelaksanaan program Tahfizh Al-Qur’an di SMK Adi Luhur Jakarta Timur. (2) Untuk mengetahui efektivitas program Tahfizh Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di SMK Adi Luhur Jakarta Timur. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan program Tahfizh Al-Qur’an di SMK Adi Luhur Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Objek yang diteliti adalah program Tahfizh Al-Qur’an di SMK Pariwisata Adiluhur Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudia dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Tahfizh di SMK Pariwisata Adi Luhur dilaksanakan dengan cara menyetorkan hafalan kepada guru tahfizh. Program ini sangat bermanfaat dan efektif dalam meningkatkan hafalan siswa yaitu menghafal juz 30. Selama program ini berlangsung siswa hafal surah yang sebelumnya mereka tidak hafal. Faktor pendukung program tahfizh Al-Qur’an yaitu faktor tempat, lingkungan dan motivasi. Sedangkan faktor penghambat adalah masih banyak siswa yang merasa malas untuk menghafal Al-Qur’an, alokasi waktu yang terbatasen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectHafalan Al-Qur’anen_US
dc.subjectEkstrakurikuler Tahfizh Al-Qur’anen_US
dc.titlePeran Program Tahfizh dalam meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Adi Luhur Jakarta Timuren_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311794.pdf
  Restricted Access
1.62 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17311794_Publik.pdf
  Restricted Access
974.1 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.