Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1358
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Istiqomah-
dc.contributor.authorAida Sits Aisiyah, 17311803-
dc.date.accessioned2021-09-13T07:36:34Z-
dc.date.available2021-09-13T07:36:34Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1358-
dc.description.abstractLatar belakang dalam penelitian ini adalah setiap kegiatan pembelajaran dibutuhkan sebuah metode yang tepat agar tujuan yang diinginkan tercapai, begitu juga dengan tahfizh Al-Qur‟an karena menghafal Al-Qur‟an tidak sesederhana yang dibayangkan. Maka dari itu MI Mumtaza Islamic School memilih metode talaqqi dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi metode talaqqi dalam kegiatan tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dan deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi metode talaqqi yang digunakan dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School dilakukan secara klasikal, tidak seperti ciri-ciri metode talaqqi pada umumnya yaitu dilakukan secara privat. Tetapi dengan cara seperti ini tetap menjadikan metode talaqqi efektif dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School, karena dengan menggunakan metode ini membuat hafalan siswa menjadi lebih bagus dan memberikan kemudahan bagi siswa dalam mencapai target hafalan yang telah ditentukan. Beberapa faktor yang mendukung dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an di MI Mumtaza Islamic School adalah suasana tempat menghafal yang nyaman seperti terdapat sarana dan prasarana yang memadai, dan adanya guru tahfizh yang profesional. Adapun faktor penghambatnya adalah ada beberapa siswa yang belum bisa membaca Al-Qur‟an, kesulitan siswa dalam mengatur waktu untuk muroja‟ah serta kurangnya dukungan dari orang tuaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetode Talaqqien_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectTahfizh Al-Qur‟anen_US
dc.titleImplementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di MI Mumtaza Islamic Schoolen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311803.pdf
  Restricted Access
2.84 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.