Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1359
Title: Penerapan Self Talk dalam Meningkatkan Kesadaran Diri Membaca Al-Qur`ān (Studi Kasus Program Tahsin Putri MTs Yayasan Pendidikan Jaya Penggalian (YASPENJAP) Kabupaten Serdang Bedagai)
Authors: Ainun Mardhiyah, 17311804
Advisor: Dewi Maharani
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi dengan penemuan penulis mengenai ketidaksadaran peserta didik dalam membaca Al-Qur`ān, membaca Al-Qur`ān dengan hanya membaca, tidak memperhatikan panjang pendeknya, panjang madnya dan kurang tepat dalam menerapkan kaidah hukum ilmu Tajwid. Penemuan inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti mengenai self talk dalam meningkatkan kesadaran diri membaca Al-Qur`ān di sekolah MTs Yayasan Pendidikan Jaya Penggalian (YASPENJAP) Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah penerapan self talk dapat meningkatkan kesadaran diri membaca Al-Qur`ān pada kelas tahsin putri di MTs Yayasan pendidikan Jaya Penggalian (YASPENJAP), Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan tahapan penelitian teknik pengumpulan data, teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self talk dapat meningkatkan kesadaran diri dalam membaca Al-Qur`ān pada kelas Tahsin dengan cara mengulang-ngulang kalimat positif yang menjadi motivasi dan pengingat untuk peserta didik
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1359
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311804.pdf
  Restricted Access
2.76 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.