Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1369
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEka Naelia Rahmah-
dc.contributor.authorAvina Mumtaz, 17311845-
dc.date.accessioned2021-09-15T05:22:07Z-
dc.date.available2021-09-15T05:22:07Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1369-
dc.description.abstractPada era globalisasi siswa dituntut mampu mengikuti perkembangan zaman yang sesuai dan baik bagi dirinya salah satunya dengan kemampuan berpikir siswa yang baik. Namun pada kenyataannya, kemampuan berpikir kritis siswa-siswi Indonesia masih terbilang rendah. Kurangnya kreativitas guru dalam mencari metode pembelajaran untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran menjadi salah satu faktor kurang efektifnya kegiatan belajar mengajar. Di latar belakangi masalah ini penulis tertarik untuk membahas program rihlah tarbawiyah untuk memingkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan program rihlah tarbawiyah di MA As-Syafi’iyah Tanggulangin Sidoarjo dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini berfokus pada peneapan program rihlah tarbawiyah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, tetapi pada penelitian lain kegiatan ini mampu mempengaruhi motivasi/hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program rihlah tarbawiyah yang dilakukan di MA As-Syafi’iyah Tanggulangin Sidoarjo dapat menumbuhkan beberapa aspek perkembangan anak di antaranya: Kognitif, Bahasa, Kreativitas, Emosi, Sosial, dan Respect. Dari terlaksananya program rihlah tarbawiyah maka siswa dapat meningkatkan aspek kognitif berupa kemampuan berpikir kritisnya. Kemampuan berpikir kritis siswa dibuktikan dari siswa berani berpendapat/berargumen dengan bahasanya sendiri dari materi yang telah didapatkan kemudian dihimpun pada hasil akhir resume/laporan kegiatan maupun pada saat tanya jawab/diskusi, dan peserta didik mampu mengaplikasikan materi fikih dalam kehidupan sehari-harien_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectRihlah Tarbawiyahen_US
dc.subjectKemampuanen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.title“Penerapan Program Rihlah Tarbawiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Fikih (Studi Kasus MA As-Syafi’iyah Tanggulangin Sidoarjo)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311845.pdf
  Restricted Access
2.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.