Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1524
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSri Tuti Rahmawati-
dc.contributor.authorAnnisa Octavia, 14311317-
dc.date.accessioned2021-11-23T07:20:10Z-
dc.date.available2021-11-23T07:20:10Z-
dc.date.issued2021-08-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1524-
dc.description.abstractPenelitian ini memiliki latar belakang bahwa pembelajaran pembentukan dan pengembangan kepribadian seseorang harus diberikan pemahaman sejak dini. Karena hal itu sangat mempengaruhi perkembangan kehidupan seseorang ke depan. Lembaga pendidikan Islam khususnya madrasah belum mampu mencetak lulusn yang Islami dan memiliki kepribadian yang baik. Nama madrasah saat ini dinilai tidak baik oleh masyarakat karena siswa putri banyak yang terjerumus pada hal-hal negative. Guru seharusnya memberika contoh atau panutan yang baik pada siswanya terutama dalam hal berkpribadian. Lembaga dapat memberikan pembelajaran khusus untuk siswa putri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kegiatan keputrian, faktor pendukung dan penghambat kegiatan keputrian dalam mengembangkan kepribadian Islami, dan efektivitas kegiatan keputrian dalam mengembangkan kepribadian Islami melalui program keputrian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, obervasi, dan dokumentasi. Analisis data, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses kegiatan keputrian yakni dengan pembacaan susunan acara, pembacaan asmaul husna, dan penyampaian materi keputrian. Penyampaian materi dapat mengembangkan potensi yang dimiliki siswi untuk melatih keberanian, tanggung jawab, bersosialisasi, dan lain sebagainya. (2) faktor pendukung dan penghambat kegiatan keputrian dalam pengembangan kepribadian Islami siswi. Faktor pendukung yaitu adanya emosi atau perasaan atau keinginan siswi untuk mengikuti kegiatan keputrian, lingkungan sekolah atau madrasah, materi yang disampaikan menarik, dan fasilitas yang memadai. Faktor penghambat yakni kurangnya jam istirahat, kurang pemantauan dari guru, dan buku monitoring kurang diperhatikan.(3) Efektivitas kegiatan keputrian bagi kelas XI yang sudah berjalan kurang maksimal dikarenakan ketidakefektifan waktu. Namun dari materi yang diberikan sudah sangat mendukung untuk pembentukan dan pengembangan kepribadian Islami siswi kelas XI SMA Negeri 70 Jakarta.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKepribadian Islamien_US
dc.subjectKegiatan Keputrianen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.titleImplementasi Pengembangan Kepribadian Islami Melalui Kegiatan Keputrian (Studi Kasus SMA Negeri 70 Jakarta)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311317.pdf
  Restricted Access
3.04 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
14311317_Publik.pdf
  Restricted Access
1.9 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.