Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1525
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEka Naelia Rahmah-
dc.contributor.authorHusnul Hotimah, 15311541-
dc.date.accessioned2021-11-23T07:23:53Z-
dc.date.available2021-11-23T07:23:53Z-
dc.date.issued2021-08-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1525-
dc.description.abstractMadrasah Ibtidaiyah (MI) Nahjul Huda merupakan salah satu sekolah yang menjadikan ilmu fiqh sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi para siswanya. Hal ini menjadi salah satu penyebab kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fiqh, siswa tidak dapat memilih apakah ia berminat untuk mengikuti mata pelajaran fiqh atau tidak. Kurangnya perhatian dan minat siswa menyebabkan timbulnya tingkah laku siswa yang mengganggu kegiatan belajar mengajar, sehingga guru membutuhkan manajemen kelas yang baik dalam meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nahjul Huda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data, berupa reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh (studi kasus kelas V MI Nahjul Huda Kebon Jeruk) berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari tingginya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran fiqh, dalam pelaksanaanya guru juga berhasil meciptakan iklim belajar yang tepat, dan mengelola interaksi dalam kegiatan belajar mengajar serta terciptanya ruang belajar yang teratur. Motivasi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa juga berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari terciptanya perasaan senang pada diri siswa selama pelajaran fiqh, tingginya perhatian siswa pada materi yang diajarkan oleh guru, bahan pelajaran serta sikap guru yang menarik, dan manfaat serta kegunaan yang diperoleh siswa dari materi pelajaran yang guru sampaikanen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectManajemen Kelasen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.titleImplementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh (Studi Kasus Kelas V MI Nahjul Huda Kebon Jeruk)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311541.pdf
  Restricted Access
1.95 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.