Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1536
Title: Konsep Pendidikan Agama Islam Bagi Kaum Pemuda Menurut Pandangan Buya Hamka
Authors: Sarah Saraswati, 17311793
Advisor: Siti Shopiyah
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini di latar belakangi oleh akhlak kaum pemuda zaman sekarang yang sangat memprihatinkan, mulai dari penggunaan gadget secara berlebihan, minimnya keinginan untuk meraih cita-cita dan memiliki akhlak yang tidak terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui akhlak yang harus dihindari dalam menjaga lisan bagi kaum pemuda menurut pandangan Buya Hamka, mengetahui motivasi bagi kaum pemuda dalam meraih cita-cita menurut pandangan Buya Hamka. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif berpusat pada penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: akhlak yang harus dihindari dalam menjaga lisan bagi kaum pemuda menurut pandangan Buya Hamka adalah: berkata sesuatu yang tidak berfaedah, berkata keji, mengumpat, memfitnah, membuka rahasia, bertengkar dan berdebat, ingkar janji, sumpah bohong. Diketahui juga bahwa motivasi bagi kaum pemuda dalam meraih cita-cita menurut pandangan Buya Hamka adalah: Seorang pemuda yang ingin mencapai cita-citanya harus memiliki dada yang lebar, pahaman yang luas dan memandang dunia dari sisi baiknya dan tidak memandang dunia dari sisi buruknya saja. Dapat mengambil pelajaran dan contoh dari kisah orang-orang yang sukses dalam meraih cita-cita.Tidak mudah putus asa dan mengeluh
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1536
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311793.pdf
  Restricted Access
909.38 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
17311793_Plagiasi.pdf12.54 MBAdobe PDFView/Open
17311793_Publik.pdf627.79 kBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.