Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1546
Title: Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Al-Qur’an Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Siswa Kelas 5 MI Daarul Mustaqiem)
Authors: Hety Nurkholifah, 17311852
Advisor: Sri Tuti Rahmawati
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Asyyahid Sayyid qutb telah merumuskan tiga faktor pendidikan bagi anak Faktor yang pertama adalah Al-Qur’an, faktor keduanya adalah mempelajarari & membaca Al-Qur’an dan faktor yang ketiga adalah peng islaman yang sama sekali mengakhiri kejahilan silam dan memisahkan dari kejahilan. MI adalah sekolah yang sederajat dengan SD. Mata pelajaran yang harus dikuasai tingkat MI adalah mata pelajaran keagamaan salah satunya adalah Al-Qur’an. Di sekolah MI Daarul Mustaqiem Bogor sangat ditekankan dalam belajar Al-Qur’an, maka penulis ingin mengetahui apa saja upaya guru dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an. Serta terjadinya pandemi covid-19 memberikan dampak perubahan yang signifikan diberbagai aspek kehidupan salah satunya pada sistem pendidikan di masa pandemic covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara online Maka penulis tertarik untuk meneliti upaya guru dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an di era pandemi covid-19(studi kasus kelas 5 MI Daarul Mustaqiem Bogor) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran membaca Al-Qur’an di kelas 5 MI Daarul Mustaqiem Bogor era Pandemi Covid-19. Dan untuk mengetahui suatu metode pembelajaran Al-Qur’an serta mengetahui peran guru dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an di era pandemic covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data primer diperoleh dari teknik observasi lapangan dan wawancara kepada 5 orang responden yang terdiri dari 3 orang siswa, 1 guru mata pelajaran membaca Al-Qur’an, 1 orang kepala sekolah MI Daarul Mustaqiem Bogor. Sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal dan tulisan ilmiah lainnya yang mendukung teori dalam penelitian. Sumber data documenter diperoleh dari catatan, rekaman dan foto yang diambil selama observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada mata pelajaran membaca Al-Qur’an sangat ditekankan di sekolah MI Daarul Mustaqiem Bogor. Disetiap memulai pembelajaran dan akhir dari pelajaran siswa wajib tasarus Al-Qur’an adapun motivasi yang kuat langsung dari sumbernya yaitu pembacaan kitab Aqidatu sl-Mujmalah yang dilaksanakan sebelum pembelajaran membaca Al-Qur’an, adapun metode yang digunakan adalah metode oqra’, metode Baghdadi dan metode talaqqi musyafahah. Pembelajaran yang dilaksanakan di era pandemic covid-19 adalah menggunakan sistem daring /online
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1546
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311852.pdf
  Restricted Access
1.85 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.