Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1551
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDewi Maharani-
dc.contributor.authorEva Shofiyatun Nisa’, 17311884-
dc.date.accessioned2021-11-23T08:55:46Z-
dc.date.available2021-11-23T08:55:46Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1551-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas guru dalam menyampaikan materi, siswa kurang teliti dalam memperhatikan makharijul huruf dan kaidah ilmu tajwid, kurangnya kesadaran orang tua untuk memberikan motivasi dan dukungan dalam proses pembelajaran siswa, serta terdapat beberapa faktor lain sehingga menyebabkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa terhambat dan tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Sejauh mana Pengaruh Metode Qira’ati terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi yang diteliti yaitu MIN 1 Kota Tangerang Selatan. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas finishing yang berjumlah 32 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling population yaitu mengambil keseluruhan dari jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, dari pengujian hipotesis pada penelitian menggunakan uji t. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, berhasil memperoleh data hasil pengaruh Metode Qira’ati terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an sebesar 5,357 ≥ 2,042. Hal ini terbukti bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ≥ 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 tingkat signifikansi 5% dengan db sebesar 2,042, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Mengandung arti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Qira’ati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Dari hasil perhitungan R2 dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel (X) Metode Qira’ati terhadap variabel (Y) Kemampuan Membaca Al-Qur’an sebesar 48,9% selebihnya yang berjumlah sebesar 51,1% adalah dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitien_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.subjectQira’atien_US
dc.subjectKemampuan Membaca Al-Qur’anen_US
dc.titlePengaruh Metode Qira’ati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MIN 1 Kota Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311884.pdf
  Restricted Access
1.78 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.