Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1563
Title: Konsep Metode Pembelajaran Perspektif Ibnu Khaldun Serta Relevansinya dengan Pendidikan Masa Kini
Authors: Eka Naelia Rahmah, 210810006
Advisor: Armai Arief
Abdul Wahab Abd. Muhaimin
Issue Date: 2014
Publisher: Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini berjudul “KONSEP METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF IBNU KHALDȖN SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MASA KINI”,adapun latar belakang pengambilan judul tersebut yaitu Ibnu Khaldûn menentukan beberapa metode pembelajaran yang harus diperhatikan oleh pendidik dalam proses pengajaran agar sampai kepada tujuan-tujuan pendidikan yang diinginkan. Tujuan pendidikan tersebut yaitu mampu meningkatkan anak didik yang kreatif dan dialogis, untuk itu penerapan suatu metode pembelajaran yang relevan dengan situasi tertentu perlu dipahami keadaan metode pembelajaran tersebut, baik ketepatan maupun tata caranya. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini, ditinjau dari segi sumber merupakan penelitian kepustakaan (Library Reaseach) yang bertujuan untuk mengungkap pemikiran pendidikan khususnya mengenai metode pembelajaran Ibnu Khaldûn dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibnu Khaldûn sebagai intelektual muslim telah banyak memberikan kontribusi pemikirannya dalam bidang pendidikan khususnya metode pembelajaran. Ibnu Khaldûn tidak memusatkan perhatiannya pada metode tertentu dalam pengajaran. Diantara beberapa metode pembelajaran yang terpenting menurut ibnu Khaldûn yaitu metode bertahap dan pengulangan, metode dialog dan diskusi, metode wisata dan metode pengajaran bahasa arab. Diharapkan dengan metode tersebut bisa diterapkan dalam pembelajaran dan menjadi pedoman bagi seorang pendidik dalam mendidik murid-muridnya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1563
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
210810006-Eka Naelia Rahmah.pdf
  Restricted Access
210810006-Tesis3.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.