Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1596
Title: Analisis penggunaan Label Halal Terhadap Minat Masyarakat Dalam Membeli Kosmetik (Studi Kasus Pengguna Media Sosial)
Authors: Maemunah, 16110839
Advisor: Hendra Kholid
Issue Date: 2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Berawal dari melihat produk kosmetik banyak yang beredar di pasaran, dari yang berlabel halal sampai yang tidak ada label halalnya, bahkan sekarang banyak juga kosmetik yang beredar tanpa brand. Mengingat masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masyarakat membeli produk kosmetik berdasarkan label halal atau dikarenakan faktor lainnya, seperti mempercantik diri dan menutupi kekurangan yang mereka miliki. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang dicantumkan adalah berdasarkan hasil wawancara online yang dilakukan kepada responden melalui chat via aplikasi Whatsapp. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, Pertimbangan masyarakat sebelum mereka membeli produk kosmetik hal pertama yang diperhatikan adalah label halal yang tertera pada kemasan, selanjutnya mereka memperhatikan dari segi harga, kualitas produk sesuai atau tidak dengan harganya, kesehatan, dan bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Kedua, Penerapan label halal berdampak positif terhadap minat masyarakat dalam membeli kosmetik. Faktanya, mayoritas responden lebih memprioritaskan unsur kehalalan produk sebelum membeli produk kosmetik, selanjutnya yang kedua mereka memeperhatikan dari segi harga, kualitas, kesehatan, dan bahan-bahan yang digunakan dalam produk tersebut
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1596
Appears in Collections:Skripsi S1 Hukum Ekonomi Syariah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16110839.pdf
  Restricted Access
909.4 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.