Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1637
Title: Implementasi Metode Gerak Irama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Mencapai Keimanan Anak Tunagrahita (Studi kasus SDLB Dharma Wanita Ujungpangkah Gresik)
Authors: Dwi Putri Amaliyah, 15311470
Advisor: Nadjematul Faizah
Issue Date: 2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada bahwa minimnya metode dan media yang digunakan di sekolah-sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama islam anak berkebutuhan khususnya yang disesuaikan dengan kondisi mereka agar mendapat kualitas pendidikan yang baik serta dapat menjadi anak yang mempunyai keimanan yang kuat yang dapat dijadikan pedoman dalam hidupnya. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran Pendidikan agama islam dengan metode gerak irama di SDLB Dharma Wanita Ujungpangkah Gresik? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode gerak irama di SDLB Dharma Wanita Ujungpangkah Gresik yang tergolong baik. Dalam artian bahwa metode gerak irama baik untuk menyampaikan materi sesuai dengan kondisi (mental dan fisik) peserta didik, akan tetapi tidak semua materi pelajaran dapat menggunakan metode gerak irama, karena telah bisa mempermudah proses belajar mengajar pada anak tunagrahita yang notabenenya mereka mempunyai kelainanpada mental. Selain itu pembelajaran pendidikan agama islam dengan metode gerak irama juga dapat mencapai keimanan anak tunagrahita di SDLB Dharma Wanita Ujungpangkah Gresik.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1637
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311470.pdf
  Restricted Access
3.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.