Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1679
Title: | Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XI MAN 1 Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat |
Authors: | Sirotul Azizah, 16311671 |
Advisor: | Sri Tuti Rahmawati |
Issue Date: | 2020 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Kubu Raya yang berjumlah 160 siswa, karena peneliti hanya mengambil sampel sebesar 25% dari populasi yang ada, maka hanya 40 siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Kubu Raya yang menjadi sampel. Instrumen penelitian berupa kuisioner yang berisi 30 butir pernyataan, untuk variabel X (konsep diri) dan nilai harian prestasi Akidah Akhlak (variabel Y). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Dari hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh r = 0,935 dan uji signifikansi dengan uji-t sebesar 15,988, kemudian diinterpretasikan pada tabel ttabel 2,024 pada taraf signifikansi α = 0,05. Karena t hitung 15,988>ttabel 2,024 maka koefisien korelasi signifikan. Dengan demikian terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas XI MAN 1 Kubu Raya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi konsep diri siswa, maka semakin tinggi pula prestasi yang didapatkan |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1679 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16311671.pdf Restricted Access | 2.97 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
16311671_Publik.pdf Restricted Access | 1.07 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.