Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1702
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Reksiana | - |
dc.contributor.author | Nurul Izzah Kasuba, 14311455 | - |
dc.date.accessioned | 2022-05-27T03:20:57Z | - |
dc.date.available | 2022-05-27T03:20:57Z | - |
dc.date.issued | 2021 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1702 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis ICT di SMPIT Al-Haraki Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tempat penelitian di sekolah SMPIT Al-Haraki Depok. Sumber data primer berasal dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru mata pelajaran pendidikan agama islam. Adapun sumber data sekunder berasal dari buku, jurnal dan skripsi. Dan sumber dokumneter berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), hasil-hasil observasi yang berupa catatan lapangan selama observasi dan dokumentasi berupa gambar dan audio. Teknik analisis data menggunakan model reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis ICT telah dilaksanakan. Dilihat dari aspek guru PAI yang selalu menggunakan media ICT di kelas dan juga ketika awal masuk sekolah para murid baru diberikan laptop (alat pembelajaran) yang pengaturannya hanya dikhususkan untuk belajar tidak ada akses untuk hal-hal diluar pembelajaran. Adapun dilihat dari guru mata pelajaran PAI yang selalu membawa laptop, menggunakan aplikasi quizizz, powerpoint, google classroom, dan lain-lain. Dapat dilihat juga dari pembelajaran K13 yang dilaksanakan di SMPIT Al-Haraki Depok dari berbagai metode pembelajaran dan RPP dengan basis ICT. Faktor pendukungnya yaitu fasilitas yang disediakan sekolah berbasis IT/Multimedia, sumber belajar sebagai penunjang materi pembelajaran, pelatihan kurikulum 2013 bagi guru, kepala sekolah, waka kurikulum, serta semua pihak yang terkait dalam instansi pembelajaran, kreativitas guru yang tinggi, kolaborasi metode yang tepat. Faktor penghambat dari pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI berbasis ICT yaitu ketika terjadi kerusakan (erorr) dalam peralatan ICT sehingga guru dan siswa harus menunggu untuk memulai kegiatan pembelajaran hal ini menyebabkan tersitanya waktu belajar sehingga dikhawatirkan proses pembelajaran kurang efektif. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Kurikulum 2013 | en_US |
dc.subject | Pembelajaran PAI | en_US |
dc.subject | ICT (Information, Communication, Technology) | en_US |
dc.title | Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis ICT (Study analisis di SMPIT Al-Haraki Depok) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
14311455.pdf Restricted Access | 9.62 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
14311455_Publik.pdf Restricted Access | 1.57 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.