Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1743
Title: STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA ERA PANDEMI COVID-19
Authors: Sari Sartika Lubis, Siti Istiqomah
Issue Date: 12-Jun-2021
Publisher: Qiro’ah| Jurnal Pendidikan Agama Islam IIQ
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan startegi pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah khususnya guru PAI dalam mengatasi kesulitan kegiatan belajar mengajar di kelas 4 SD Dua Mei Ciputat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer berasal dari kepala sekolah, guru PAI, dan murid kelas 4, sedangkan sumber data sekunder berasal dari data-data sekolah, buku, jurnal, artikel dan skripsi. Teknik analisis data menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan verifukasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual sudah berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari beberapa aspek, yaitu guru PAI telah menyusun perencanaan strategi pembelajaran pada era pandemi covid-19, meminimalisir kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar online dan bekerja sama dalam kegiatan belajar mengajar online bersama orang tua siswa. Adapaun faktor pendukung dalam melaksanakan pembelajaran online meliputi inovasi strategi pembelajaran, bantuan fasilitas wifi sekolah terhadap guru dan koordinasi yang baik antara orang tua dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya jaringan internet yang kurang stabil, adanya beberapa orang tua yang belum mengerti dalam penggunaan internet dan kompetensi siswa menurun
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1743
ISSN: 2085-0115
Appears in Collections:Artikel, Buku

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
document (4).pdf305.94 kBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.