Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/175
Title: Pengaruh Metode Iqro’ Terhadap Kemampuan Anak Dalam Membaca Al-qur’an Secara Fasih Dan Tartil (Studi Kasus pada Taman Pendidikan Al- Qur’an (TPQ) Nurul Hikmah, Gandul Cinere Depok)
Authors: Fitriani, 11311041
Advisor: Umi Khusnul Khotimah
Issue Date: 2016
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Mengacu kepada judul, maka penelitian ini didasarkan pada permasalahan bagaimana dan sejauh mana penerapan metode iqro’ terhadap peningkatan kemampuan membaca Al- Qur’an secara fasih dan tartil di TPQ Nurul Hikmah Gandul Cinere Depok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruh penerapan metode pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran membaca Al-Qur’an untuk anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi lapangan yang dilaksanakan di TPQ Nurul Hikmah Gandul Cinere Depok. TPQ ini merupakan salah satu TPQ yang telah menggunakan metode Iqro’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Datanya diperoleh dengan cara observasi wawancara dan tes praktik membaca Al-Qur’an, semua data dianalisis dengan deskripktif dan menggunakan rumus kolerasi product moment yang membandingkan antara data variabel bebas yang dalam hal ini adalah metode Iqro’ dengan variabel terikat dalam hal ini adalah kemampuan membaca Al-Qur’an secara fasih dan tartil. Secara umum kegiatan penelitian ini didasarkan atas prinsip metode deskriptif. Adapun populasi yang penulis jadikan objek penelitian adalah siswa TPQ Nurul Hikmah, yang berjumlah 84 siswa, dan sampel yang penulis ambil adalah 25% dari total populasi tersebut, dengan penentuan sampel sebanyak 21 siswa. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan angket, kemudian dengan observasi wawancara, analisa data dan studi dokumentasi.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/175
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11311041.pdf
  Restricted Access
903.16 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.