Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/177
Title: Analisis Pendidikan Karakter Melalui Etika Berkomunikasi Qur’ani (Studi Kasus di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mumtaza Islamic School Tangerang Selatan)
Authors: Zian Ulf Haq Nisaul Alamin, 11311065
Advisor: Akhmad Sodiq
Issue Date: 2016
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Skripsi ini meneliti tentang anlisis pendidikan karakter melalui penanaman etika berkomunikasi Qur‟ani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi dan efektifitas pendidikan karakter melalui penanaman etika berkomunikasi Qur‟ani . Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk analistis deskriptif. Penelitian deskriptif jenis field research (penelitian lapangan). Dalam pengambilan subjek penilitian menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh menunjukan hasil 74%, hasil presentase tersebut masuk dalam kategori sedang, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter melalui etika komunikasi qurani secara umum menunjukkan cukup baik (sedang). Dan Pelaksanaan pendidikan karakter melalui penanaman etika berkomunikasi Qurani yang dilakukan di MI Mumtaza Islamic School yaitu melalui pembiasaan – pembiasaan sikap yang memilki nilai – nilai islami secara terus menerus dan berkelanjutan melalui kegiatan – kegiatan keseharian dalam lingkungan yang kondusif dan adanya pendekatan terhadap Al – Qur‟ an (tahfidh Al-Qur‟an).
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/177
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11311065.pdf
  Restricted Access
5.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.