Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/179
Title: Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran (Studi Kasus kelas XI IPA SMA Darul Ma’arif Cipete Jakarta Selatan)
Authors: Elis Maelana Rohmah, 11311073
Advisor: Herman
Issue Date: 2015
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui adakah korelasi antara Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran di kelas XI IPA SMADarul Ma’arif Cipete Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengolahan data menggunakan analisis korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Darul Ma’arif Cipete Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang siswa, yang kemudian diambil sampel dari populasi tersebut sebanyak 20% yaitu 23 siswa. Penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrument penelitian guna mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan. Untuk melengkapi data yang dibutuhkan, dalam penelitian ini juga mennggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan korelasi Product Moment dan korelasi Pearson pada program SPSS versi 20 for windows. Setelah melakukan analisa data menggunakan korelasi Product Moment, dengan memperhatikan “r” hitung (0,580) lebih besar dari rt (rtabel) baik pada taraf signifikansi 5% =0,413 maupun dari taraf signifikansi 1% = 0,526. Maka Ho (Hipotesis Nihil) ditolak dan Ha (Hipotsis Alternatif) diterima. Kemudian, dengan memperhatikan besar korelasi Rxy = yang terletak di interval koefisien 0,00 – 0,70 yang berarti antara variabel X (Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa) dan Variabel Y (Hasil Pembelajaran) terdapat korelasi dalam katagori yang hasilnya sedang. Hasil ini diperkuat dengan pengolahan data yang menggunakan korelasi pearson menggunakan SPSS versi 20 for windows maka diperoleh output koefisien sebesar 0,580. Kemudian dari output tersebut diperoleh signifikansi (sig 2-tailed) sebesar 0,004 Karena signifikansi < 0,05 maka ho di tolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengaruh komunikasi guru dengan siswa terhadap hasil pembelajaran adalah tergolong sedang.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/179
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11311073.pdf
  Restricted Access
1.52 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.