Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1791
Title: Pengembangan Desain Model Desain Kemp Dalam Pembelajaran
Authors: Reksiana
Issue Date: 26-Apr-2022
Publisher: Alim| Journal of Islamic Education
Abstract: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan model desain pembelajaran Kemp dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepustakaan (Library Research). Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu: buku-buku utama terkait dengan pengembangan Model Kemp seperti: Kemp, J. E., Morrison, G. R., & Ross, S. V Design effective instruction, Serhat Kurt, “Kemp Design Model, Ratumanan dan Imas Rosmiati, Perencanaan Pembelajaran dan lainnya. Sementara, data sekunder dalam penelitian ini yaitu: jurnal-jurnal internasional dan jurnal nasional terkait dengan pengembangan model pembelajaran Kemp. Adapun langkah-langkah dalam penelitian ini: pertama, memperoleh data. Kedua, mencari informasi yan mendukung topik. Ketiga, mempertegas fokus kajian dari bahan bacaan. Keempat, mereview dan memperkaya bahan bacaan serta mengklasifikasinya. Kelima, melakukan analisis dan menarik kesimpulan. Temuan dari penelitian ini yaitu: model desain pembelajaran Kemp dapat digunakan secara fleksibel dan dapat dimulai secara simultan dari sembilan tahapan tersebut. Pengembangan pembelajaran model Kemp ini dapat diimplementasikan pada setiap tingkat seperti: tingkat dasar, menengah maupun di perguruan tinggi. Model ini juga dapat dipadukan dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dan quasi eksperimen untuk uji lapangan. Selain itu, model Kemp ini juga efektif digunakan oleh guru dan siswa dalam pengembangan bahan ajar pada suatu mata pelajaran atau mata kuliah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1791
ISSN: ISSN 2686-0767
Appears in Collections:Jurnal, Prosiding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
248-Article Text-486-1-10-20220721.pdf435.35 kBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.