Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1793
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorReksiana-
dc.date.accessioned2022-09-05T07:57:14Z-
dc.date.available2022-09-05T07:57:14Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1793-
dc.description.abstractSuatu keniscayaan sistem pendidikan ditutut untuk berubah. Termasuk pendidikan pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi. Era pendidikan yang dipengaruhi oleh revolusi indistri 4.0 dosebut pendidikan 4.0. pada era ini pendidikan memiliki karakteristik yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran atau dikenal dengan sistem siber (cyiber system). Metode yang dgunakan dalam penelitian ini ialah metode kepustakaan (library research) dengan pendekatan analisis deskripstif. Tahapan data yang digunakan yaitu; Pertama, data yang didapatkan oleh penulis berupa dokumen, buku, jurnal, artikel otoritatif. Kedua, data yang didapatkan oleh peneliti adalah data pustaka yang bersifat “siap pakai” artinya peniliti tidak terjun langsung kelapangan karena peneliti berhadapan langsung dengan sumber data yang ada di perpustakaan. Ketiga menggunakan sumber primer dan sekunder. Keempat, bahwa kondisi data pustaka tidak dibatasi oleh runga dan waktu. Temuan dari penelitian ini, dapat membuktikan bahwa perlunya revolusi pada sektor pendidikan dan pembelajaran seperti perubahan pada media dan model pembelajaran di Era 4.0, dan diperlukan guru yang profesional; guru yang paham dengan pembelajaran Kurikulum 2013, guru yang mampu merespon perubahan pradigma pembelajaran ke arah Higher Order Thingking (HOTS), dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat tersebut untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherE-Proceedingsen_US
dc.relation.ispartofseriesjilid 1;Hal 17-37-
dc.subjectILMU PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARANen_US
dc.subjectERA DIGITALen_US
dc.subjectRencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)en_US
dc.subjectEra 4.0en_US
dc.titlePARADIGMA BARU ILMU PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL (Analisi terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Guru di Era 4.0)en_US
dc.typeJournalen_US
Appears in Collections:Jurnal, Prosiding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
705-1701-1-SM.pdf425.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.